Dulu orang berpikir bahwa bekerja dari rumah sangatlah tidak mungkin. Namun pada jaman sekarang, orang akan berkata bahwa hal tersebut sangatlah mungkin. Dengan kemajuan teknologi yang berkembang semakin pesat, orang dapat bekerja dimanapun dan kapanpun.
Ditambah lagi sejak merebaknya wabah virus corona, dimana bebebrapa perusahaan menetapkan kebijakan untuk para karyawannya agar mereka bekerja dari rumah sebagai bentuk dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk mencegah menyebarnya virus corona.
Bagi beberapa karyawan, mereka tidak masalah untuk melakukan hal ini. Namun sebaliknya, ada beberapa karyawan yang merasa kesulitan saat mereka harus bekerja dari rumah. Hal ini sangat wajar, mengingat bahwa mereka menganggap rumah adalah tempat istirahat, bukan seperti kantor.
Lalu bagaimana cara menyiasati agar Anda bisa menjadi semakin produktif saat Anda bekerja dari rumah? Berikut 4 hal yang Anda bisa lakukan agar menjadi semakin produktif saat bekerja dari rumah:
- Buat Ruangan Khusus
Ruangan khusus disini adalah ruangan khusus untuk Anda bisa bekerja. Anda bisa menggunakan ruang yang tida terpakai di salah satu bagian tempat tinggal Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan meja belajar atau kerja yang ada di ruang tidur Anda. Atau Anda bisa memakai salah satu sudut ruangan yang tidak terpakai untuk kegiatan pekerjaan Anda.
Selain itu agar Anda bisa lebih bersemangat serta produktif dalam bekerja, bersihkan meja kerja dan ruangan Anda sesering mungkin. Lalu, pisahkan berkas atau dokumen pekerjaan Anda agar Anda tidak menjadi keteteran.
Lalu, coba Anda semprotkan pengharum ruangan 2 hari sekali di dalam ruangan Anda. Anda bisa menggunakan pengharum dengan aroma jeruk, lemon, atau lavender untuk meningkatkan mood kerja dan produktivitas Anda
- Atur dan Fokus Pada Jadwal Kerja Anda
Kebanyakan orang menganggap bahwa bekerja dari rumah tidak membutuhkan jadwal. Salah besar! Bekerja dari rumah memang bersifat lebih santai dibandingkan Anda bekerja kantoran. Namun, Anda tetap harus membuat jadwal pekerjaan Anda agar Anda bisa lebih fokus dan produktif.
Selain itu, godaan saat Anda bekerja dari rumah jauh lebih besar dibandingkan dengan bekerja kantoran. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk membuat jadwal kerja Anda. Serta pastikan Anda tetap berada di dalam jalur jadwal pekerjaan yang sudah Anda buat.
- Istirahat Sesering Mungkin
Banyak orang akan merasa bersalah jika mereka terlalu sering beristirahat saat bekerja. Hal tersebut sebenarnya tidak masalah. Layaknya Anda bekerja di kantor dimana Anda istirahat sebentar dengan cara mengobrol bersama kolega, minum kopi, merokok, dsb. Bahkan, hal tersebut sangat penting dan diprioritaskan masuk kedalam agenda kerja Anda.
Dengan Anda mengambil jeda atau beristirahat sebentar sesering mungkin, Anda tidak akan stress dan membantu Anda untuk tetap fokus dan produktif saat Anda bekerja kembali. Anda bisa melakukannya dengan cara stretching, keluar sebentar untuk menghirup udara segar, jalan-jalan keliling rumah atau diluar rumah sebentar, dsb.
- Matikan HP Anda
HP atau smartphone memang menjadi salah satu godaan yang paling besar bagi sebagian orang pada saat mereka bekerja dari rumah. Misalnya godaan untuk nonton youtube, main game, ataupun melihat notofikasi yang sering muncul. Saran saya adalah matikan atau silent HP Anda. Jika Anda perlu membalas pesan, buatlah jam khusus untuk Anda membalas pesan yang masuk.
Bekerja dari rumah memang menjadi salah satu hal yang mengasyikkan sekaligus menantang. Bahkan akan diprediksi menjadi sebuah gaya hidup bagi manusia di masa depan. Namun ingatlah bahwa Anda harus tetap disiplin dan produktif agar Anda bisa mendapakan hasil yang bisa membuat diri Anda terkejut.
Sumber: